Agen Pendidikan123 adalah Konsultan Pendidikan Luar Negeri atau Agen Pendidikan luar negeri, yang memberikan konsultasi gratis bagi anda yang mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti Kuliah di Australia, Kuliah di Amerika, Kuliah di Malaysia, Kuliah di Singapore atau negara lainnya. Konsultasi mulai dari pemilihan negara tujuan, Jurusan dan pengurusan segala administrasi termasuk visa. Agen pendidikan123 tidak mengenakan biaya atas semua layanan yang di berikan alias 100% Gratis. Hubungi kami via : WA : 0812-988-00-868 atau Email: admin@agenpendidikan123.com
Beranda » Malaysia » Biaya Hidup kuliah di Malaysia

Biaya Hidup kuliah di Malaysia

P Artikel ini diterbitkan pada: 21 June 2019 , Kategori:

  • NomorArtikel: 2291
  • Dilihat: 148 kali

  • U Hubungi Kami
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua artikel - 247 iklan
  • Tips: Pastikan anda telah mendapat informasi yang akurat dan tepat sebelum memilih jurusan dan Universitas
  • Ingat! Jangan mudah percaya dengan tawaran fantastis dari beberapa universitas yang tidak jelas.
study-in-ireland-123

Deskripsi ] Biaya Hidup kuliah di Malaysia

Biaya Hidup dan Kuliah di Malaysia

Keinginan Anda untuk dapat mewujudkan cita-cita berkuliah di luar negeri, nampaknya sekarang ini dapat diupayakan. Karena Anda dapat mencoba mendaftar universitas yang ada di Malaysia. Malaysia adalah salah satu negara yang sering dipilih sebagai negara dengan tujuan menimba ilmu, bahkan kurang lebih ada 9.000 mahasiswa yang berasal dari Indonesia yang kuliah di Malaysia. Alasan mengapa negara ini menjadi favorit untuk menimba ilmu yaitu karena biaya kuliah di Malaysia yang lebih terjangkau, dengan biaya hidup yang relatif murah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa atau Australia, lokasi yang dekat dengan Indonesia, dan juga menawarkan banyak sekali pilihan universitas terbaik di sana dengan jurusan yang lengkap. Sehingga Anda dapat menjadi salah satu bagian dari mahasiswa asal Indonesia yang mencari ilmu di negara tetangga.

tempat makan murah di kuala lumpur

Mencari Pengalaman Kuliah di Malaysia

Seperti Indonesia, negara Malaysia juga memiliki universitas yang banyak. Malaysia memiliki banyak universitas yang bagus di mata dunia sehingga tidak heran jika Anda dan teman-teman ingin melanjutkan pendidikan ke Malaysia. Berdasarkan data dari QS World University Rankings terdapat universitas terbaik di Malaysia seperti Universiti Malaya, Universiti Putra Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Teknologi Petronas, Universiti Utara Malaysia, Taylor’s University, Universiti Teknologi MARA, International Islamic University Malaysia, Multimedia University, UCSI University, Management and Science University, dan Limkokwing University of Creative Technology.

Jika Anda berniat melanjutkan kuliah di bidang sains maka akan sangat tepat jika mencari informasi terkait Universitas Sains Malaysia, karena di USM menawarkan program Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Terapan, Ilmu Farmasi, Ilmu Sosial, Ilmu Technology, Pendidikan, dan Humaniora. Terlebih lagi pada tahun 2008 universitas ini telah terpilih untuk berpartisipasi dalam APEX yang merupakan sebuah program Fast-Track untuk dapat membantu perguruan tinggi lainnya mencapai tingkat internasional. Universitas ini terletak di Jalan Sungai Dua, Geirgetown, Pulau Penang, Malaysia.

Berikut rincian perkiraan biaya hidup di Malaysia per Bulan :

ITEMS KISARAN BIAYA
Akomodasi / Apartment RM 400  –  800
Internet RM 75   –  100
Transport RM 75   –  100
Pulsa RM 75   –  100
Makan 3x RM 400 – 600
Listrik, Air RM 75   –  100
Laundry RM 40   –  60

Tentunya besar kecil biaya hidup tergantung juga dari gaya hidup mahasiswa itu sendiri.

Jika Anda berniat melanjutkan kuliah di Malaysia maka Anda harus menyiapkan biaya kuliah di sana, karena untuk universitas negeri dan swasta di sana memiliki perbedaan biaya yang harus dikeluarkan. Bahkan memang disetiap universitas juga memiliki pengeluaran biaya yang berbeda-beda, dan perbedaan tersebut juga tergantung pada jurusan yang Anda pilih dari universitas tersebut. Untuk jurusan kedokteran memakan biaya paling mahal dan diikuti oleh jurusan pariwisata dan perhotelan, IT, Teknik, dan juga Bisnis. Akan tetapi untuk selain jurusan tersebut Anda akan memerlukan biaya yang lebih murah. Setiap universitas di Malaysia memiliki biaya kuliah yang sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, premi kesehatan, uang pendidikan, biaya untuk laboratorium, dan biaya-biaya yang harus diperlukan lainnya.

biaya hidup kuliah di malaysia

Hampir di setiap universitas di Malaysia memiliki biaya kuliah yang sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, dan biaya lainnya. Berikut ini rata-rata biaya kuliah di Malaysia untuk Program Sarjana (S1) pada jurusan bisnis jika di universitas negeri biaya yang dikeluarkan sekitar 50 sampai 100 juta, sedangan jika di universitas swasta sekitar 200 sampai 330 juta. Untuk jurusan teknik di universitas negeri Anda harus menyiapkan 50 sampai 130 juta, dan di universitas swasta sekitar 200 sampai 550 juta. Jurusan IT di universitas negeri sekitar 50 sampai 100 juta, sedangkan di universitas swasta sekitar 200 sampai 350 juta. Untuk jurusan pariwisata dan perhotelan di universitas negeri biaya yang dikeluarkan sekitar 40 sampai 100 juta dan untuk universitas swasta sekitar 150 sampai 225 juta. Dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara biaya di universitas negeri dengan universitas swasta, dan memang lebih mahal untuk biaya di universitas swasta.

Jika ingin kuliah di Malaysia Anda harus mempersiapkan persyaratannya seperti ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7-9, ijazah D3 yang relevan IPK min 2.5, nilai minimum TOEFL antara 450-550 dan nilai minimum IELTS sekitar 4-6.5, Anda juga harus lulus program foundation/ GCE /O Level / IB, serta syarat-syarat lainnya yang harus dipenuhi sesuai dengan jurusan yang Anda pilih.

Selain biaya saat kuliah yang diperhitungkan tetapi juga sebelum mendaftar Anda harus mengetahui dan memberitahukan kepada orang tua mengenai biaya akomodasi dan biaya hidup berada di Malaysia yang memang berbeda-beda tergantung dari lokasi universitas yang Anda pilih, gaya hidup, dan faktor lain yang mendukung. Namun, pada dasarnya sebenarnya biaya hidup jika Anda tinggal di Malaysia tidak jauh berbeda dengan Anda hidup di Indonesia, misalnya seperti biaya untuk akomodasi kurang lebih Rp1.000.000,00, untuk tagihan listrik dan air sekitar Rp200.000,00, untuk biaya transportasi sekitar Rp200.000,00, biaya pulsa dan internet sekitar Rp300.000,00, untuk biaya Anda makan sehari 3x yaitu Rp2.000.000,00, bahkan jika Anda orang yang malas atau memang tidak sempat untuk mencuci baju sendiri sehingga harus mengandalkan jasa laundry pakaian maka perlu mempertimbangkan biaya sebesar Rp200.000,00.

Banyak anak muda saat ini berlomba-lomba datang ke luar negeri dengan tujuan ingin melanjutkan pendidikannya di negara lain karena beberapa alasan dan faktor yang mendorong. Malaysia sering kali dipilih oleh banyak pelajar Internasional sebagai negara tujuan untuk kuliah di luar negeri dengan berbagai macam alasan seperti ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi dan bermutu, tersedia berbagai jenis jenjang pendidikan tinggi, dengan biaya kuliah yang terjangkau padahal di luar negeri, persaingan untuk dapat masuk di universitas juga tidak terlalu ketat, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris yang sudah dimiliki, bahkan di Malaysia tersedia berbagai universitas asing dengan biaya yang lebih murah. Malaysia juga terkenal dengan biaya hidup yang murah ditambah dengan kemudahan proses pembuatan visa, jika Anda ingin rekreasi dan liburan maka sangat banyak tempat untuk merefresh otak ketika merasa pusing dengan tugas dll.

biaya hidup di malaysia 2019

Kehidupan di Malaysia tidak terlalu berbeda jauh dengan di Indonesia, mungkin itu menjadi salah satu alasan mahasiswa yang tinggal di sana. Padahal antara Malaysia dengan Indosia memiliki beberapa perbedaan bahasa, mungkin ketika Anda mendengar orang Malaysia berbicara seperti bahasa Indonesia padahal terdapat beberapa kata yang memiliki arti yang berbeda misalnya seperti kata “pusing” yang berarti di Indonesia yaitu sakit, sedangkan di Malaysia artinya menunjukkan jalan. Jadi ketika orang Malaysia mengatakan “pusing kanan” artinya belok kanan. Oleh karena itu Anda jangan sampai salah mengartikan bahasa mereka. Atau nanti ketika Anda baru saja beradaptasi dengan lingkungan di Malaysia akan sering salah mengucapkan kata yang diucapkan, tetapi hal tersebut dapat menjadi pelajaran hidup dan juga pengalaman yang menarik bagi Anda. Untuk musim di Malaysia masih sama dengan keadaan musim di Indonesia, jadi Anda tidak perlu bersusah payah menyesuaikan dengan musim di sana.

 

? Tags Wilayah: ,,,,
Perhatian! Agen Pendidikan 123 selaku konsultan pendidikan luar negeri. Tidak pernah memungut biaya untuk pengurusan pendaftaran, pengurusan visa hingga keberangkatan dan airport pickup. Semua jasa yang ada pada kami sampai saat ini masih GRATIS

r Universitas Terkait Biaya Hidup kuliah di Malaysia

Alasan Kuliah di Help University Malaysia yang Wajib Kamu Ketahui

P 4 July 2019 , U Yoyoz Wijianto ? ,

Salah satu kampus di luar negeri yang paling diminati oleh mahasiswa asal Indonesia adalah Help University Malaysia. Kampus ini memiliki segudang keistimewaan. Maka jika kamu... Selengkapnya)

Info Kuliah di Help University Malaysia Terbaru

Info Kuliah di Help University Malaysia Terbaru

P 5 August 2019 , U Yoyoz Wijianto ? ,

Berencana kuliah di Malaysia di kampus unggulan dengan biaya yang relatif terjangkau? Info Kuliah di HELP University Malaysia Terbaru berikit ini akan menjadi referensi terbaik... Selengkapnya)

Jurusan di The One Academy Malaysia, Cocok untuk Calon Desainer Handal

P 4 July 2019 , U Yoyoz Wijianto ? ,

Suka seni dan desain? Mengapa kamu nggak kuliah di The One Academi Malaysia aja? Ini kampus keren, lho. Dengan kuliah di sini, kemampuan desain kamu... Selengkapnya)

Contact Us

Agen Pendidikan 123
Cempaka Putih  – Jakarta Pusat
Telp. 021 – 4204614
WA . 0878 7636 6988
Email : admin@agenpendidikan123.com
error: Content is protected !!
WhatsApp WhatsApp us