Agen Pendidikan123 adalah Konsultan Pendidikan Luar Negeri atau Agen Pendidikan luar negeri, yang memberikan konsultasi gratis bagi anda yang mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti Kuliah di Australia, Kuliah di Amerika, Kuliah di Malaysia, Kuliah di Singapore atau negara lainnya. Konsultasi mulai dari pemilihan negara tujuan, Jurusan dan pengurusan segala administrasi termasuk visa. Agen pendidikan123 tidak mengenakan biaya atas semua layanan yang di berikan alias 100% Gratis. Hubungi kami via : WA : 0812-988-00-868 atau Email: admin@agenpendidikan123.com
Beranda » Australia » 3 Strategi Kuliah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

3 Strategi Kuliah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

P Artikel ini diterbitkan pada: 5 July 2019 , Kategori: , , , , , , , , , , , , ,

  • NomorArtikel: 2402
  • Dilihat: 114 kali

  • U Hubungi Kami
  • Nama: Yoyoz
  • Domisili: ,
  • Lihat semua artikel - 99 iklan
  • Tips: Pastikan anda telah mendapat informasi yang akurat dan tepat sebelum memilih jurusan dan Universitas
  • Ingat! Jangan mudah percaya dengan tawaran fantastis dari beberapa universitas yang tidak jelas.
study-in-ireland-123

Deskripsi ] 3 Strategi Kuliah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

Pernah mendengar penyair besar Khalil Gibran dalam sebuah puisi berjudul “Anakmu Bukan Milikmu?”. Jika mau mencermati, puisi Khalil Gibran nampaknya tetap berlaku di zaman milenial ini. Mari kita coba renungkan dan gali lebih dalam bagaimana sebaiknya melalui 3  strategi kuliah di luar negeri yang harus diketahui.

Khalil Gibran mengibaratkan orang tua sebagai busur panah, sedangkan anak-anaknya sebagai anak panah yang siap melesat cepat dan jauh. Pada saatnya nanti, mereka akan menggapai mimpinya sendiri, dunianya sendiri. tentunya dengan idealisme dan kekuatan yang mereka miliki.

Seberapa kuat orang tua mengklaim bahwa anaknya adalah miliknya, sejatinya mereka tetaplah anak-anak kehidupan. Orang tua hanya boleh memberikan rumah bagi raganya, tapi tidak bagi jiwanya.

Menurut Gibran, anak-anak kita tetaplah penghuni rumah masa depan. Memang, orang tua berkewajiban memberikan kasih sayang semampunya, namun tak boleh menyodorkan pemikiran yang cenderung memaksakan.

Inspirasi Bagi Orang Tua

Puisi Khalil Gibran menginspirasi orang tua yang berkeinginan menguliahkan anak-anaknya di luar negeri. Jika mau mencermati, tentu petuah sang penyair itu ada benarnya. Mengapa demikian?

Sebagai busur panah, memang orang tua berkewajiban terhadap masa depan anak-anaknya, termasuk menentukan pilihan dalam menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Kendati demikian, prinsip kehati-hatian juga harus tetap dijaga.

Jangan sampai keputusan untuk menguliahkan anak di luar negeri hanya merupakan ambisi orang tua belaka. Di sisi lain, si anak merasa bahwa itu bukan pilihan jiwanya. Apa yang akan ditempuh, hanya menjalankan rumus baku yang sudah ditentukan oleh orang tuanya.

 

Oleh karena itu, dalam pengambilan keputusan, misalnya menentukan negara mana yang dipilih, kampus dan jurusan apa yang juga akan dipilih, jangan lupa libatkan anak dalam diskusi yang penuh keakraban. Jika hati nurani si anak teringkari, kelak jika ada masalah, sedikit banyak orang tua akan merasa bersalah. Betul bukan?

Mengapa hal itu penting? Tentu saja, karena orang tua tidak pernah tahu pasti apa isi hati anaknya dan perasaan seperti apa yang mungkin sedang bergejolak. Termasuk juga, mimpi-mimpi besar apa yang ingin digapainya di masa depan.

Percayalah, apapun pilihan anak-anak kita, pasti mereka menginginkan hal-hal terbaik. Tugas orang tua bukan saja mendikte, namun mencermati pendapat anak-anaknya tentang alasan-alasan mengapa dan bagaimana mereka harus kuliah di luar negeri nantinya.

Berdiskusi yang Lebih Berisi

Kendati anak memiliki hak untuk menentukan masa depannya sendiri, bukan berarti orang tua menyetujui sepenuhnya apa kehendak anak. Pahami pula bahwa anak-anak terkadang memiliki berbagai keterbatasan dalam menentukan keputusan.

Sudut pandang anak dalam memutuskan kuliah di luar negeri biasanya cenderung pada informasi yang mereka ketahui dari internet maupun teman-teman terdekatnya. Sesuatu yang dijadikan pedoman, umumnya tak lebih dari dua prinsip utama, happy dan unhappy.

Jika informasi tentang kuliah di luar negeri dirasa menyenangkan, dia akan suka. Sementara, jika dirasa kurang menyenangkan, dia akan dengan mudah menyimpulkan bahwa itu bukanlah hal yang disukai karena tidak membahagiakan.

Sementara, bagi orang tua, alasan menguliahkan anaknya di luar negeri, akan merangkum berbagai hal dengan sangat detail, dari teknis hingga non teknis. Bagaimana menyangkut biaya, tranportasi, tempat istirahat, lingkungan, moralitas, kesempatan ibadah, output lulusan, dan sebagainya.

Dari sinilah, sebelum terlanjur memutuskan untuk kuliah di luar negeri, mari membiasakan untuk melakukan diskusi yang berbobot antara orang tua dengan anak-anaknya. Buat kesepakatan dari awal untuk bisa saling memahami pendapat masing-masing, termasuk resiko yang nantinya bakal ditanggung bersama.

Berikan tugas kepada anak untuk mendokumentasi lebih banyak informasi tentang perguruan tinggi yang akan dipilih dari sumber-sumber yang terpercaya. Baik dari internet maupun dari sumber lain, semakin lengkap tentu akan semakin baik.

Tak terkecuali, orang tuapun memiliki tugas yang kurang lebihnya sama. Carilah informasi dari kolega yang pernah menguliahkan anaknya di luar negeri. Gali pengalaman sebanyak mungkin, termasuk menyiasati berbagai resiko yang mungkin akan muncul.

Hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan sekaligus strategi kuliah di luar negeri, misalnya :

  • Negara mana yang dipilih? Mengapa?

  • Perguruan tinggi mana? Adakah alternatif lain? Mengapa?

  • Jurusan apa yang dipilih? Mengapa? Apakah benar-benar sesuai dengan passion?

  • Bagaimana dengan biaya kuliahnya? Bagimana pula dengan biaya hidupnya?

  • Bagimana dengan tempat istirahatnya?

  • Bagaimana akses kendaraan menuju kampus?

  • Bagaimana dengan lingkungan sosialnya?

  • Bagimana anak bisa beribadah?

  • Dan sebagainya, tergantung kepentingan masing-masing tentunya.

Pentingnya Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Selain menggali informasi sedetail mungkin seperti di atas, mulailah untuk memadukan informasi yang diperoleh oleh orang tua dan yang juga didapat oleh si anak. Ingat, diskusikan dan buat kesepakatan di awal untuk saling menghormati pendapat masing-masing.

Kita ambil contoh, ketika si anak tertarik untuk Kuliah di Lasalle College Singapore misalnya, tentunya tak boleh dengan alasan suka saja. Ia juga harus mampu menerangkan alasan-alasan lain yang membuatnya memilih kampus itu.

 

Misalnya karena kualitasnya, metode pembelajarannya, prospeknya, atau hal-hal mendasar lainnya. Pastikan alasan yang dikemukakan bisa dipertanggungjawabkan, khususnya menyangkut kebaikan masa depan si anak sendiri. Ini penting sekali.

Begitu pula informasi yang didapat oleh orang tua, tak bisa hanya sekadar dengar-dengar dari bapak A atau ibu B yang katanya anaknya kuliah di negara X dan itu dianggap lebih baik. Tanpa ada kejelasan baiknya yang seperti apa dan bagaimana.

Paling tidak, jika mendapatkan informasi secara lisan, harus jelas dan detail. Syukur-syukur bisa mengobrol secara langsung dengan anaknya yang mengalami sendiri kuliah di sana. Ini untuk menghilangkan perbedaan persepsi antara anak dan orang tua yang tak selalu sama.

Selain itu, untuk semakin mempertajam informasi dan diskusi yang dilakukan, sudah sewajarnya Anda menghubungi Konsultan Pendidikan Luar Negeri yang terpercaya. Ini penting, agar informasi yang sudah didapat sekian banyak, nantinya tidak mengambang begitu saja.

Dengan bantuan Konsultan Pendidikan Luar Negeri, hal-hal yang selama ini menjadi kebingungan, akan lebih mudah cair karena akan dijelaskan dengan sangat terperinci. Mulai dari menentukan negara, kampus, jurusan, hingga hal-hal detail lainnya seperti tempat tinggal dan sebagainya.

Apalagi, bagi orang tua yang baru kali pertama menguliahkan anaknya di luar negeri, tentunya akan banyak hal yang menjadi kekhawatiran tersendiri. Segera konsultasikan kepada kami untuk menyempurnakan informasi yang Anda peroleh agar semakin jelas dan mantap.

Kami akan sangat senang jika Anda mau berbagi dan mengobrol dengan kami melalui layanan konsultasi gratis dari Agen Pendidikan 123. Jika Anda punya beberapa list pertanyaan, silahkan persiapkan, kami akan dengan ramah melayani agar semuanya bisa clear tanpa ada rasa khawatir yang berlebihan.

Itulah 3 strategi kuliah di luar negeri yang harus diketahui, semoga bermanfaat.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut melalui :

  • Email : admin@agenpendidikan123.com
  • WhatsApp/Call/SMS : 0812 988 00 868

Anda juga bisa mengisi form yang ada di menu sebelah kanan website ini.

? Tags Wilayah: ,,,,
Perhatian! Agen Pendidikan 123 selaku konsultan pendidikan luar negeri. Tidak pernah memungut biaya untuk pengurusan pendaftaran, pengurusan visa hingga keberangkatan dan airport pickup. Semua jasa yang ada pada kami sampai saat ini masih GRATIS

r Universitas Terkait 3 Strategi Kuliah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

Daftar Jurusan di UCSI Unviersity Malaysia

Daftar Jurusan di UCSI University Malaysia

P 7 July 2019 , U Yoyoz Wijianto ? ,

Hai guys, berniat untuk kuliah di Malaysia? Inilah daftar jurusan di UCSI Unversity Malaysia, pastikan jurusan yang ada cocok dengan minat kamu, ya? Selain jurusan,... Selengkapnya)

Kuliah Jurusan Bisnis Internasional di Xiamen University Malaysia

Kuliah Jurusan Bisnis Internasional di Xiamen University Malaysia.

P 20 July 2019 , U Yoyoz Wijianto ? ,

Ingin kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan bisnis internasional? Kamu bisa Kuliah Jurusan Bisnis Internasional di Xiamen University Malaysia. Ada berbagai keistimewaan dari jurusan... Selengkapnya)

biaya kuliah di newcastle university inggris 2017

Kuliah di Newcastle University UK

P 14 August 2016 , U ? ,

Kuliah di Newcastle University Inggris Kuliah di Newcastle University, UK mungkin menjadi salah satu pilih bagi kamu yang bercita-cita atau bahkan sudah berencana untuk melanjutkan... Selengkapnya)

Contact Us

Agen Pendidikan 123
Cempaka Putih  – Jakarta Pusat
Telp. 021 – 4204614
WA . 0878 7636 6988
Email : admin@agenpendidikan123.com
error: Content is protected !!
WhatsApp WhatsApp us